Senin, 06 Desember 2010

Sinterklas Nyata atu Fiksi?

Karena sebentar lagi natal dan hari ini adalah hari peringatan St Nicholas maka saya akan bercerita tentang dia (nama saya diambil dari dia loh! hehe..) oke deh dari pada basa - basi mending kita baca ceritanya. cekidot...

Sinterklas (dalam bahasa lain juga dikenal dengan nama Santa Klaus, Santo Nicholas, Santo Nick, Bapak Natal, Kris Kringle, Santy, atau Santa) adalah tokoh dalam berbagai budaya yang menceritakan tentang seorang yang memberikan hadiah kepada anak-anak, khususnya pada Hari Natal.

Santa berasal dari tokoh dalam cerita rakyat di Eropa yang berasal dari tokoh Nicholas dari Myra, lahir sekitar 280 M Patara tidak jauh dari Myra (Demre) di negara Turki. Ayahnya adalah orang Arab yang bernama Epifanius sedangkan ibunya bernama Nonna. Nicholas adalah seorang uskup yang memberikan hadiah kepada orang-orang miskin.

Tokoh Santa kemudian menjadi bagian penting dari tradisi Natal di dunia barat dan juga di Amerika Latin, Jepang dan bagian lain di Asia Timur.

Hari Sinterklas dirayakan di seluruh dunia setiap tanggal 6 Desember.

Sinterklas nama sebenarnya ialah Nicholas lahir sekitar 280 sesudah Masehi di Patara tidak jauh dari Myra (Demre) di negara Turki.

Ayahnya adalah orang Arab yang bernama Ephiphanius sedangkan Ibunya bernama Nonna, jadi tidaklah salah kalau saya tulis bahwa Sinterklaas itu orang Arab, berdasarkan tempat kelahiran maupun berdasarkan keturunannya.

Tanggal 6 Desember adalah hari ulang tahunnya (hari ini!) dari Sinterklaas yang dirayakan di seluruh dunia, terutama di negara Eropa. Berdasarkan hasil survey di negara Eropa maupun USA, ternyata Sinterklaas adalah orang ketiga paling beken setelah Tuhan Yesus dan Bunda Maria, tetapi hanya sedikit sekali orang mengetahui siapa sebenarnya Sinterklaasini dan bagaimana sejarahnya.

Sinterklaas sangat beken bukan hanya di Holland saja, melainkan jugadi Itali, Yunani dan Rusia, sehingga banyak anak lelaki disana yangdiberi nama Nicholas dan untuk perempuan menjadi Nicole atau Nicolien. Disamping itu banyak lagi gereja Rusia, maupun Yunani yangdiberi nama Nicholas.

Aneh tapi nyata! Walaupun Sinterklaas merupakan reklame dari seorang uskup Gereja Katolik, Paus tidak yakin akan kebenarannya, karena kenyataannya lebih banyak dongeng atau khayalan yang dibuat mengenai Sinterklaas, bahkan yang digabung dengan kepercayaan orang2 kafir.Sehingga pada th 1970 Vatikan telah menghapus dan mencoret nama Sinterklaas dari kalender nama2 orang2 suci, tetapi karena banyaknya protes yang berdatangan, sehingga Vatikan memberikan kelonggaran dan kebebasan untuk memilih apakah Sinterklaas termasuk orang suci ataukah bukan teserah kepada diri masing-masing, tetapi secara resmiSinterklaas bukan termasuk orang yang dianggap suci lagi. Atau secara tidak langsung gelar maupun titel "Saint"nya di copot!

Ibu dari Nicholas tidak pernah punya anak sebelumnya, tetapi karenaia selalu memohon dan berdoa kepada Tuhan, akhirnya permohonannyadikabulkan. Ia melahirkan seorang anak lelaki yang diberi nama Nicholas. Menurut legenda pada saat masih bayipun Nicholas sudah melakukan puasa, seperti yang sering dilakukan oleh hamba Tuhan padasaat tsb, ialah tiap hari Rabu dan Jumat ia tidak mau minum asi (air susu ibu) nya. Walaupun anak tsb usianya belum 1 th.

Ia ditasbihkan menjadi pastor pada usia 18 tahun (muda banget ya...) di katedral dari pamannya, karena sifat belas kasihnya yang besar untuk membela umatdan fakir miskin, akhirnya ia diangkat menjadi uskup.Menurut legenda pada saat Nicholas mengadakan perjalanan ketanahsuci, kapalnya dilanda angin ribut, sehingga salah satu dari tianglayarnya patah dan menimpa kepala dari seorang kelasi di kapal tsb.Yang mengakibatkan kematian dari kelasi tsb. Dengan doa akhirnya Nicholas bisa meredakan angin ribut tsb bahkan ia bisa "menghidupkan"kembali kelasi yang telah meninggal tsb. Sejak saat itulah Sinterklaas menjadi beken sebagai Saint atau orang suci pelindungdari para pelaut dan semua kapal dagang.

Kepercayaan tsb semakin besar dan semakin kuat sehingga Sinterklaas sudah bisa dianggap sebagai wakil Tuhan untuk melindungi mereka olehpara pelaut Yunani maupun Itali pada saat tsb.

Tepatnya pada tgl 9 Mei 1087 para pemilik kapal dari Itali, mengambil semua tulang2 dan semua sisa dari tubuh Sinterklaas untuk dipindahkandari Turki ke Itali ke kota Bari. Dan disana dibuat satu gereja besaryang diberi nama St Nicholas Katedral. Oleh sebab itu tiap tgl 9. Meiorang Itali merayakan hari St Nicholas sebagai pelindung para pelaut.Sebelumnya mayat Sinterklaas di pindahkan ke Itali, orang Italy percaya akan cerita mengenai seorang nenek sihir (witch) yang bernamaBefana. Ia mendapatkan tugas dari malaikat untuk memberikan hadiahkepada Tuhan Yesus pada saat Tuhan Yesus dilahirkan, seperti jugaorang Majus, tetapi karena kelalaiannya ia datang terlambat. Olehsebab itu Befana mendapat hukuman tiap tahun sebelum kelahiran Yesus,ia harus memberikan hadiah sebanyak mungkin kepada anak2 kecil yangtidak mampu.

Kepercayaan yang lebih bersifat animisme ini dianut oleh banyak orang Itali, maka dari itu para pemuka agama di Itali mengambil keputusanagar kepercayaan dari nenek sihir Befana ini dialihkan saja kepadaSinterklaas. Dengan mana bisa memulihkan citra dan nama baik dariorang Katolik sekalian mengalihkan kepercayaan animisme mereka,menjadi lebih percaya kepada Tuhan. Inilah awal dari kepercayaanbahwa Sinterklaas selalu memberi hadiah kepada anak2 pada saat hariulang tahunnya. Bahkan pengalihan ini memberi efek sampingan lainnyase-akan2 ada dua Sinterklaas, yang satu sebagai pelindung para pelautsedangkan yang lain ialah pelindung dari anak2 dan dua2nya berasaldari Myra (Turki).

Para pelaut jaman dahulu kebanyakan orang Spanyol, maka dari ituorang Belanda percaya bahwa Sinterklaas datang dari Spanyol dan sudahtentu ia datang dengan kapal laut, maklumlah dahulu belum ada pesawatterbang. Kebanyakan kelasi dari para kapal dagang jaman dahulu adalahbudak2 dari Afrika, maka dari itu jelas pembantu dari Sinterklaas punseorang budak dari Afrika yang diberi nama Zwarte Piet (Piet Hitam).Berdarkan hal tsb diatas Sinterklaas itu merupakan satu delima yangmembuat umat Katolik dan Paus menjadi risih, karena Sinterklaas inimerupakan campuran antara fakta sejarah, kepercayaan dan tahayul.Agar bisa menghilangkan dan cepat melupakan Sinterklaas dari daftarnama orang suci, maka Paus Paulus memerintahkan agar sisa mayat dari Sinterklaas sebaiknya dipindahkan saja dari Italy ke Amerika. Dengan mana orang Eropa akan bisa lebih cepat melupakan Sinterklaas.

Tepatnya pada tgl. 5.12.1972 sisa dari mayat Sinterklaas sudah dipindahkan ke gereja Sint Nicolaas - Flushing - di New York.Santa Claus USA dan Sinterklaas Eropa, itu agak berlainan dari segipakaian maupun poster tubuh. Santa Claus USA berasal dari KutubUtara. Santa Claus di USA adalah ciptaan dari Public Relation ManagerCoca Cola walaupun asal-usulnya dari Sinterklaas juga. Untukmeningkatkan penjualan dari Coca Cola, mereka menciptakan Santa Claussebagai reklame figur mereka. Karena orang Amerika tidak mau disebutrasis maka dari itu untuk Santa Claus di USA tidak boleh adapembantunya yang berkulit hitam.

Banyak orang percaya adanya Santa Claus. Berdasarkan jajak pendapatyang dilakukan oleh KRC Research pada tahun 1996 dan diungkapkandalam U.S. News & World Report, sembilan persen orang dewasa Amerika menyatakan masih percaya adanya bahwa Santa Claus berasal dari Kutub Utara itu.

Barangkali hal ini tidaklah mengejutkan bila kita menyadari bahwatidak ada waktu lain di mana kita memusatkan seluruh perhatian hanyapada satu tema seperti saat Natal. Secara umum kita mengenal tokohfiksi Sinterklas sebagai bagian yang menyatu dengan perayaan Natal.Ia menjadi simbol dari pemberian hadiah, yang menjadi acara utamadalam hampir setiap perayaan di hari besar itu. Apa yang dipercayabanyak orang di saat Natal adalah semangat memberi.

Santa Claus atau Sinterklas itu agak berlainan dari segi pakaian maupun poster tubuh. Santa Claus adalah ciptaan dari manajer hubungan masyarakat - Coca Cola walaupun asal-usulnya dari Sinterklas juga. Untuk meningkatkan penjualan dari Coca Cola, mereka menciptakan Santa Claus sebagai reklameyang figur mereka. Karena orang Amerika tidak mau disebut rasis maka dari itu untuk Santa Claus di AS tidak boleh ada Zwarte Piet pembantunya yang berkulit hitam.

Di Tiongkok juga ada Sinterklas yang lebih lazim dipanggil sebagai Dun Che Lao Ren, yang berarti Kakek Natal.

0 komentar:

Posting Komentar