Rabu, 13 Juli 2011

"Mengapa Orang jatuh bangun dalam Dosa?

mengapa orang jatuh bangun dalam dosa?
Cobalah jawab pertanyaan berikut :
Apakah Anda pernah berbuat dosa?
Apakah Anda pernah mengambil keputusan untuk bertobat dari dosa yang Anda lakukan?
Apakah Anda pernah mengambil keputusan bertobat dari dosa, tetapi tidak lama kemudian jatuh lagi dalam dosa yang sama?

Mengapa banyak orang yang ketika tersentuh dengan Firman Tuhan yang didengarnya dan telah mengambil keputusan untuk bertobat dari dosa yang telah dilakukan, tetapi tidak lama kemudian jatuh lagi dalam dosa yang sama?
Mengapa? Maz 119:9 => Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.
Karena orang tersebut tidak hidup dalam Firman Tuhan tersebut.
Mari kita lihat perumpamaan tentang seorang penabur di Matius 13:19-22.
Benih yang ditabur di pinggir jalanOrang yang tidak mengerti Firman yang didengar dan tidak mau bertobat dan akhirnya tetap hidup dalam dosa.
Benih yang ditabur di batu-batuOrang yang menerima Firman dan mengambil keputusan untuk bertobat, tetapi tidak tahan/kuat dalam pencobaan, akhirnya kompromi dengan dosa dan kemudian jatuh dalam dosa lagi.
Benih yang ditabur di semak duriOrang yang menerima Firman dan mengambil keputusan untuk bertobat, tetapi ada yang menggeser Firman tersebut, misalnya pergaulan yang buruk, terikat dengan game, foya-foya, dugem, dll. Akibatnya orang tersebut lupa akan Firman tersebut dan akhirnya jatuh lagi dalam dosa bahkan melahirkan dosa baru.
Semuanya ini terjadi karena orang tersebut tidak hidup dalam Firman Tuhan. Hanya Firman Tuhan yang bisa membebaskan kita dari jerat dosa. Jika kita tidak hidup dalam Firman Tuhan, maka dosa masih akan tetap berkuasa atas kita.
Bagamana cara bangkit dari dosa ?
Membuat komitmen/keputusan untuk bertobatTanpa komitmen/keputusan untuk bertobat kita akan menjadi semakin kompromi dengan dosa. Karena itu komitmen untuk bertobat adalah langkah awal yang sangat penting.
Lakukan komitmen tersebut dan isi dengan Firman Tuhan
Matius 7:24-27 dan Lukas 11:24-26Ketika kita memutuskan untuk bertobat, maka kita harus isi hidup kita dengan Firman Tuhan dan bukan mengalihkannya dengan hal lain, sebab hanya dengan Firman Tuhan kita bisa terbebas dari jerat dosa. Jika kita tidak mengisinya dengan Firman Tuhan, maka dosa itu akan menghampiri kita lagi.
Tetaplah taat, setia, dan terus-menerus hidup dalam Firman TuhanBagaimana kesetiaan teruji? Jika ada hal yang mulai menggoncang komitmen kita. Kadangkala ada godaan untuk kita melakukan dosa tersebut, tapi ingatlah saat itulah kesetiaan kita teruji, kita harus berkata tidak terhadap dosa dan jangan sekali-kali kompromi dengannya
Miliki teman komit yang bisa saling menguatkan
Pengkotbah 4:9-12Dengan adanya teman komit, kita akan saling diperkuat, dijaga, dan didukung untuk terus hidup dalam Firman Tuhan.
Di Ulangan 30:15-20 Tuhan menghadapkan kita kepada dua pilihan, apakah kita mau memilih berkat atau kutuk. Pilihan ada di tangan kita.Jika kita memilih hidup dalam Firman Tuhan maka Ulangan 28:1-2 akan terjadi dalam hidup kita, tetapi jika kita lebih memilih hidup dalam dosa maka Ulangan 28:15 yang akan terjadi dalam hidup kita.
Jangan pernah mengijinkan benih-benih dosa mengambil sekecil apapun dari hidup kita untuk bertumbuh. Saat kita telah menganggap sepele perkara-perkara dosa dan memberi tempat dalam hidup kita, maka tanpa kita sadari, ia akan menghancurkan hidup kita. Sekali tabur dosa kehidupan rohani menurun, dua kali tabur dosa keinginan dunia akan terlihat lebih menyenangkan, tiga kali tabur dosa hubungan dengan Tuhan akan semakin menjauh.
Janganlah kompromi dengan dosa, hiduplah dalam Firman agar kita kuat dan terbebas dari jerat dosa.

(^__^).........GBU all

0 komentar:

Posting Komentar